Kunjungan Rumah Fiqih ke STAI Imam Syafi'i Cianjur


Wed, 2 November 2016 23:27 | 1322 views

Rabu tanggal 2 November 2016 rombongan asatidz Rumah Fiqih Indonesia (RFI) berkunjung ke Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Imam Asy-Syafi'i, atau yang dikenal dengan STAI Imam Syafi'i.

Lembaga pendidikan ini berbasis pesantren dan dibina langsung oleh Syeikh asal Syiria, Prof. Dr. Mohammad Hasan Hitou. Berlokasi di Kabupaten Cianjur dan didirikan tahun 2010 di bawan naungan lembaga Yayasan Pusat Ilmu Keislaman Internasional (YAPIKI).

Rombongan yang mewakili Rumah Fiqih Indonesia adalah Ustadz Ahmad Sarwat MA, Ustadzah Aini Aryani Lc, Ustadz Sutomo Abi Nashr Lc, Ustadz Hanif Luthfi Lc, Ustadz Mochammad Wahhab Lc, Ustadzah Isnawati Lc, Ustadz Aqil Haidar, Ustadz Galih, dan Ustadz Faishal.

Berangkat dari Jakarta jam 06.00 pagi menuju Cianjur dengan mengendarai Isuzu ELF, tim asatidz menikmati segarnya udara puncak di sela-sela perjalanan.

Tiba di tujuan pada jam 09.30 mereka disambut oleh Ustadz Abdurrahman Na'im, salah satu pengasuh pesantren STAI Imam Asy-Syafi'i.

Beliau mengantar asatidz RFI berkeliling area pesantren, dari mulai masjid, asrama, dan ruangan-ruangan kelas. Tumpukan kitab turats terlihat di meja-meja yang ada di dalam kelas yang dibuka dan dibaca oleh para mahasiswa.

Di depan perumahan dosen, sawah dan ladang menghampar ditanami dengan sayuran yg menambah hijaunya pemandangan kawasan pesantren ini. Benar-benar asri, sejuk, bersih, dan kondusif.

Usai berkeliling area pesantren, tim asatidz RFI diantar menuju ruang tamu yang berlokasi di kawasan kantor dewan guru. Ruangan tersebut dikelilingi kaca tebal sebagai dindingnya. Siapapun yang ada dalam ruangan itu bisa langsung menikmati pemandangan gunung dan perkebunan teh yang menghampar hijau.

Tak lama kemudian Prof. Dr. Muhammad Hasan Hitou selaku pembina STAI Imam Syafi'i datang menyambut disusul pengajar lain yang notabene berasal dari Timur Tengah. Rupanya, perkuliahan di kampus ini menggunakan bahasa pengantar Bahasa Arab dan disampaikan oleh native speaker langsung.

STAI Imam Syafi'i secara resmi memulai perkuliahan sejak Tahun 2011 dan memiliki dua jurusan, yakni [1] Prodi Bahasa Arab & Jurusan Ilmu Syari'ah dan [2] Prodi Ahwal Syakhsiyah (Hukum Keluarga Islam).

Jajaran dosen STAI ini adalah tenaga profesional dari mancanegara seperti Kuwait, Syiria, Irak, Mesir, India, dan Yaman. Ada juga beberapa dosen dalam negeri yang merupakan alumni universitas islam di Timur Tengah.

by. Aini Aryani, Lc | 2454 views

 

 

SEBELUMNYA

Mengenal Lebih Dekat Dr. Muhammad Hasan Hitou
Wed, 2 November 2016 20:08 | 971
Pelatihan Broadcasting RFI - ShareChannelTv
Tue, 1 November 2016 06:08 | 158