Haruskah Membiayai Walimah Dengan Harga Yang Mahal? | rumahfiqih.com

Haruskah Membiayai Walimah Dengan Harga Yang Mahal?

Muhammad Saiyid Mahadhir, Lc, MA Wed 5 February 2014 06:02 | 3952 views

Bagikan via

Rasa-rasanya sudah tidak asing di telinga ketika mendengar istilah walimah, istilah Arab ini sepertinya sudah masyhur digunakan di negri kita Indonesia.

Ibnu Manzhur (w. 711) dalam Lisan al-Arab menjelaskan bahwa kata walimah ini adalah pecahan kata dari al-walam (الولم) yang sering diartikan dengan berkumpul (الجمع).

Namun walimah juga sering diartikan dengan makanan yang dihadirkan karena ada pernikahan atau selainnya. Bahkan walimah itu sendiri adalah makanan yang dihadirkan karena adanya perkumpulan

هي كل طعام صنع لعرس وغيره أو كل طعام يتخذ لجمع

Namun istilah walimah ini lebih sering didapat dalam pembahasan fiqih, terutama dalam bab pernikahan. Secara umum, ulama fiqih kita memberikan definisi bahwa walimah itu artinya nama untuk setiap makanan karena adaanya kejadian yang menyenangkan, baik karena adanya pernikahan atau selainnya.

Namun ungkapan walimah secara mutlak hanya untuk pernikahan. Sedang selainnya harus diikat dengan kata selanjutnya.

تقع الوليمة على كل طعام يتخذ لسرور حادث من عرس وإملاك وغيرهما، لكن استعمالها مطلقة في العرس أشهر وفي غيره بقيد

Istilah walimah ini lebih dikhususkan untuk hal pernikahan, karena pada umumnya walimah itu diadakan setelah berkumpulnya suami dan istri melalui aqad nikah yang sah. Dan juga karena pada umumnya pada saat itu semua sanak, keluarga, sahabat berkumpul untuk mendoakan dan makan-makan.

Dari sini barulah kita bisa menyimpulkan bahwa walimah itu pada dasarnya nama untuk menyebut makanan yang ada karena adanya pernikahan atau selainnya, apapun jenis makanannya ia disebut dengan walimah.

Namun penulis sendiri belum menemukan arti khusus jika kata walimah ini ditambah dengan akhiran 'an' akan menjadi seperti apa, tapi mungkin secara umum kita bisa memahaminya dengan arti seperti di atas.

Mamaknai walimah dengan pesta rasanya bisa juga disamakan, karena pesta itu sendiri dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) juga diartikan dengan jamuan makan minum. Walaupun dalam tradisi sebagian kita pesta itu tidak hanya makan dan minum, kadang kalanya sering ditambah dengan embel-embel lain, seperti diputarnya lagu dan musik.

Dan inilah yang kadang menciderai hakikat dari walimah itu sendiri, apabila kurang tepat dalam penempatannya.

Hukum Walimah

Para ulama fiqih berbeda pendapat dalam hal hukum mengadakan walimah, mengingat walimah itu sendiri sangat dianjurkan keberadaannya. Setidaknya pendapat para ulama terbagi ke dalam dua pendapat besar:

1. Wajib

Sebagian ulama Syafiyah berpendapat bahwa hukum walimah itu wajib. Hal ini didasarkan pada kenyataan bahwa Rasulullah SAW selalu mengadakan walimah pada setiap pernikahan beliau, baik dalam keadaan sempit maupun lapang, dan baik dalam keadaan mukim atau sedang dalam perjalanan.

Belum lagi ditambah dengan sabda Rasulullah SAW kepada Abdurrahman bin Auf:

أولم ولو بشاة

“Adakanlah walimah walau hanya dengan memotong seekor kambing” (HR. Bukhari).

Hal yang hampir senada juga pernah dilontarkan Rasulullah SAW kepada Ali bin Thalib ketika melamar puteri beliau SAW, Fathimah binti Muhammad SAW:

إنَّه لا بُدَّ للعَرُوس من وليمة

‘Harus ada walimah untuk pengantin” (HR. Ahmad)

Dan bahwa menghadiri undangan walimah itu hukumnya wajib, maka mengadakannya juga wajib, karena bagaimana mungkin menghadiri walimah itu wajib jika seandainya walimah itu sendiri tidak wajib adanya, seperti yang ditulis oleh Imam Al-Mawardi dalam al-Hawi al-Kabir bahwa hal yang wajib ada karena adanya sebab maka keberadaan sebab itu sendiri dinilai wajib. [لأن وجوب المسبب دليل على وجوب السبب.]

2. Sunnah

Namun jumhur ulama berpendapat bahwa mengadakan walimah itu hukumnya sunnah, tidak wajib. Namun walau pun sunnah tapi ia adalah sunnah yang sangat dianjurkan, dan pahalanya sangat besar.

Dalil yang gunakan oleh pendapat ini hampir sama dengan dalil yang digunakan oleh pendapat pertama, hanya saja mereka menambahkan bahwa ada satu hadits Rasulullah SAW yang menyatakan:

ليس في المال حق سوى الزكاة

“Tidak ada kewajiban atas harta kecuali zakat” (HR. Ibnu Majah)

Keberadaan walimah itu pada dasarnya karena adanya aqad nikah yang hukum dasarnya bukanlah sebuah kewajiban, jadi jika hukum dasar menikah bukanlah sebuah kewajiban, rasanya kurang pas jika kita menghukumi walimah sebagai sebuah kewajiban.

Jika memang wajib, semestinya kadar walimah itu ditentukan, seperti kewajiban kaffarah yang tidak membedakan antara mereka yang kaya maupun miskin, karena kafaarah itu punya ketentuan khusus, sekurang-kurangnya jika memang tidak mampu biasanya akan diganti dengan puasa, tapi aturan seperti ini tidak ada dalam walimah.

Kedua pendapat ini sulit untuk disalahkan satu dengan yang lainnya, lantaran keduanya didukung oleh dalil-dalil yang kuat, baik secara akal maupun naql. Tapi setidaknya kita bisa mengambil kesimpulan bahwa ternyata walimah itu memang suatu hal yang penting untuk diadakan, terlepas hukumnya wajib atau sunnah, yang jelas hal ini penting untuk diadakan.

Tidak salah kiranya dari jauh hari memang hal seperti ini sudah ada dalam pikiran mereka yang ingin menikah, bahwa selain menyiapkan mahar kiranya disiapkan juga budget untuk walimah, apalagi kebutuhan pokok di negeri ini semakin hari terus meningkat, dan nilai rupiah kita semakin hari semakin menurun.

Tidak Harus Daging

Sedari awal sudah dijelaskan bahwa apapun bentuk makanannya, dan terbuat dari apapun, yang jelas selagi itu makanan halal dan baik ia layak untuk dijadikan walimah, jika sudah seperti ini maka keyakinan harus ada daging kambing, sapi, atau unta dalam walimah tidaklah dapat dibenarkan.

Hal ini dikuatkan dengan apa yang pernah terjadi ada zaman Rasulullah SAW, seperti yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari dan Muslim bahwa pernah sekali waktu ketika menikah dengan Shafiyah binti Huyay, walimah yang disediakan oleh Rasulullah SAW hanya berupa kurma, dan tidak ada roti maupun daging.

[فعن أنس قال: أقام النبي صلى الله عليه و سلم بين خيبر والمدينة ثلاثا يبنى عليه بصفية بنت حيي فدعوت المسلمين إلى وليمته فما كان فيها من خبز ولا لحم أمر بالأنطاع فألقي فيها من التمر والأقط والسمن فكانت وليمته

Kiranya walimah itu diadakan sesuai dengan kemampuan, jangan terlalu dipaksakan hanya karena dipaksa oleh adat setempat yang biasanya mensyarakan adanya kue a, b, c, dan seterusnya.

Makanan pembuka, makanan inti, maupun makanan penutup hanyalah 'urf (tradisi) yang bagus diadakan jika mampu, namun jika memberatkan tidak adalah yang salah, dan tidak juga berdosa jika ditinggalkan.

Bahwa keberkahan itu bukanlah dilihat dari seberapa banyak makanan yang disediakan, tapi ukuran kemampuan dan tidak memaksakan diri itu yang diperintahkan, sehingga tidak heran jika Rasulullah SAW pernah hanya dengan modal kurma beliau menyediakan walimah atas pernikahan beliau dengan Shafiyah.

Maka membawa amplop ketika meghadiri walimah bukanlah syarat yang harus dilakukan, karena walimah itu judul besarnya bukanlah aktivitas jual beli. Walimah adalah makanan yang disediakan untuk acara makan-makan. Sediakan saja apa dirasa mampu, walaupun memberikan bantuan kepada pihak penyelenggara dengan membawa amplop adalah hal yang sangat baik dilakukan.

Mahalnya biaya walimah dan keterbatasan kemampuan finansial terkadang menjadi kendala pertama bagi mereka yang ingin melangsungkan pernikahan. Tapi semua memang harus realistis, bahwa menikah tidak hanya bermodal cinta, karena cinta tidak bisa membuat kenyang.

Tapi jika kenyataanya yang hadir adalah dia yang secara finansial terbatas, maka dalam keterbatasan itulah kita mencari berkah, bahwa berlebih-lebihan bukanlah hal yang terpuji, cukupkan sajalah dengan kurma jika memang tidak mampu untuk menyediakan daging, seperti contoh yang pernah sekali terjadi dalam sejarah pernikahan manusia yang paling mulia disisi Allah SWT, Muhammad SAW.

Wallahu a'lam bisshawab

Bagikan via


Baca Lainnya :

Ulama Juga Harus Mengerti Sains
Ahmad Zarkasih, Lc | 4 February 2014, 06:19 | 3.427 views
Kembali ke Al-Quran Agar Terhindar Dari Khilafiyah?
Ahmad Sarwat, Lc., MA | 3 February 2014, 06:03 | 6.255 views
Fiqih dan Tafsir
Sutomo Abu Nashr, Lc | 2 February 2014, 04:12 | 3.408 views
Kitab Percaya Diri dan Kitab Tahu Diri
Muhammad Saiyid Mahadhir, Lc, MA | 1 February 2014, 06:00 | 4.029 views
Beda Level Penyanyi dan Suka Menyanyi
Ahmad Zarkasih, Lc | 31 January 2014, 06:18 | 4.571 views

more...

Semua Tulisan Penulis :
Faidah Fiqih Dari Kisah Nabi Khidhr dan Musa AS
Muhammad Saiyid Mahadhir, Lc, MA | 5 December 2016, 06:29 | 611 views
Peruntukan Daging Qurban
Muhammad Saiyid Mahadhir, Lc, MA | 12 September 2016, 15:47 | 1.415 views
Beberapa Hal yang Disukai Dalam Penyembelihan Qurban
Muhammad Saiyid Mahadhir, Lc, MA | 6 September 2016, 09:13 | 1.396 views
Menjual Kulit dan Memberi Upah Panitia Qurban
Muhammad Saiyid Mahadhir, Lc, MA | 2 September 2016, 10:34 | 1.568 views
Tidak Boleh Potong Rambut dan Kuku
Muhammad Saiyid Mahadhir, Lc, MA | 30 August 2016, 11:47 | 2.033 views
Sifat Shalat: Membaca Doa Iftitah
Muhammad Saiyid Mahadhir, Lc, MA | 23 August 2016, 11:45 | 1.464 views
Sifat Shalat: Berdiri Bagi yang Mampu
Muhammad Saiyid Mahadhir, Lc, MA | 19 July 2016, 10:28 | 993 views
Khutbah Idul Fitri 1437 H; Tauladan Nabi Yusuf as Untuk Hidup yang Harmonis
Muhammad Saiyid Mahadhir, Lc, MA | 5 July 2016, 12:46 | 1.767 views
Tiga Kelompok Manusia di Bulan Ramadhan
Muhammad Saiyid Mahadhir, Lc, MA | 1 June 2016, 09:15 | 2.268 views
Israk dan Mikraj Dalam Tinjauan Fiqih
Muhammad Saiyid Mahadhir, Lc, MA | 6 May 2016, 05:00 | 2.057 views
4 Hal Terkait Niat Puasa Ramadhan
Muhammad Saiyid Mahadhir, Lc, MA | 30 April 2016, 12:05 | 1.985 views
Nafkah Istri dan Orang Tua, Mana yang Harus Diutamakan?
Muhammad Saiyid Mahadhir, Lc, MA | 18 March 2016, 22:07 | 1.639 views
Jadilah Seperti Anak Adam (Habil)
Muhammad Saiyid Mahadhir, Lc, MA | 1 March 2016, 10:21 | 988 views
Tanda Tangan Mewakili Tuhan
Muhammad Saiyid Mahadhir, Lc, MA | 1 February 2016, 09:00 | 1.213 views
Darah Karena Keguguran, Istihadhah atau Nifas?
Muhammad Saiyid Mahadhir, Lc, MA | 25 November 2015, 00:00 | 1.637 views
Belum Aqiqah Tidak Boleh Berqurban?
Muhammad Saiyid Mahadhir, Lc, MA | 15 September 2015, 15:11 | 4.333 views
Patungan Siswa Apakah Bisa Disebut Qurban?
Muhammad Saiyid Mahadhir, Lc, MA | 4 September 2015, 12:13 | 3.838 views
Shalat Dhuha Berjamaah, Bolehkah Hukumnya?
Muhammad Saiyid Mahadhir, Lc, MA | 27 August 2015, 12:06 | 3.655 views
Hanya Tahu Hak dan Lupa Kewajiban
Muhammad Saiyid Mahadhir, Lc, MA | 15 August 2015, 06:00 | 1.967 views
Bagaimana Cara Mandi Wajib Yang Benar?
Muhammad Saiyid Mahadhir, Lc, MA | 13 August 2015, 12:24 | 4.700 views
Wasiat Harta Al-Marhum
Muhammad Saiyid Mahadhir, Lc, MA | 5 August 2015, 11:34 | 1.881 views
Harus Qadha Dulu Baru Boleh Puasa Syawal?
Muhammad Saiyid Mahadhir, Lc, MA | 1 August 2015, 12:20 | 2.593 views
Siapa Saja Yang Wajib Kita Nafkahi?
Muhammad Saiyid Mahadhir, Lc, MA | 26 July 2015, 12:44 | 2.763 views
Perempuan: Tarawih Di Rumah atau Di Masjid?
Muhammad Saiyid Mahadhir, Lc, MA | 26 June 2015, 05:00 | 3.937 views
Qiyamul Lail, Tarawih dan Tahajjud
Muhammad Saiyid Mahadhir, Lc, MA | 22 June 2015, 06:00 | 4.731 views
Melafazkan Niat Puasa Sesudah Sholat Tarawih
Muhammad Saiyid Mahadhir, Lc, MA | 19 June 2015, 13:45 | 3.977 views
Hari Arafah dan Puasa Arafah Tidak Boleh Berbeda?
Muhammad Saiyid Mahadhir, Lc, MA | 26 September 2014, 11:26 | 35.961 views
Tafsir Pendidikan: Bismillah
Muhammad Saiyid Mahadhir, Lc, MA | 8 September 2014, 10:52 | 4.736 views
Menunggu Hasil Sidang Itsbat
Muhammad Saiyid Mahadhir, Lc, MA | 27 June 2014, 09:04 | 3.279 views
Mengapa Langsung Iqamah?
Muhammad Saiyid Mahadhir, Lc, MA | 2 April 2014, 05:00 | 10.717 views
Aqad dan Resepsi
Muhammad Saiyid Mahadhir, Lc, MA | 27 March 2014, 11:19 | 4.772 views
Mengapa Bagian Istri Lebih Sedikit Ketimbang Saudara?
Muhammad Saiyid Mahadhir, Lc, MA | 5 March 2014, 05:06 | 4.305 views
Label Halal Makanan, Pentingkah?
Muhammad Saiyid Mahadhir, Lc, MA | 3 March 2014, 06:20 | 4.375 views
Imam Malik bin Anas; Ulama High Class
Muhammad Saiyid Mahadhir, Lc, MA | 23 February 2014, 05:56 | 4.654 views
Menghadiri Undangan Walimah, Wajibkah?
Muhammad Saiyid Mahadhir, Lc, MA | 9 February 2014, 06:00 | 7.685 views
Haruskah Membiayai Walimah Dengan Harga Yang Mahal?
Muhammad Saiyid Mahadhir, Lc, MA | 5 February 2014, 06:02 | 3.952 views
Kitab Percaya Diri dan Kitab Tahu Diri
Muhammad Saiyid Mahadhir, Lc, MA | 1 February 2014, 06:00 | 4.029 views
Ijab dan Qabul
Muhammad Saiyid Mahadhir, Lc, MA | 29 January 2014, 07:25 | 6.340 views
Mengapa Kita Tidak Boleh Berbeda?
Muhammad Saiyid Mahadhir, Lc, MA | 21 January 2014, 08:44 | 4.337 views
Tidak Semua Harus Menjadi Mujtahid
Muhammad Saiyid Mahadhir, Lc, MA | 28 December 2013, 01:01 | 3.977 views
Huruf Waw dan Pengambilan Hukum Fiqih
Muhammad Saiyid Mahadhir, Lc, MA | 14 December 2013, 17:16 | 3.819 views
Lahir Sebelum Enam Bulan Usia Pernikahan, Bagaimanakah Perwaliannya?
Muhammad Saiyid Mahadhir, Lc, MA | 29 October 2013, 06:24 | 8.557 views
Madzhab Ustadz
Muhammad Saiyid Mahadhir, Lc, MA | 26 October 2013, 13:02 | 4.752 views
Edisi Tafsir: Wanita Baik Untuk Laki-Laki yang Baik
Muhammad Saiyid Mahadhir, Lc, MA | 24 October 2013, 05:26 | 13.727 views
Hak Waris Anak Dalam Kandungan
Muhammad Saiyid Mahadhir, Lc, MA | 11 October 2013, 07:49 | 3.935 views
Mudik, Berbuka atau Tetap Berpuasa?
Muhammad Saiyid Mahadhir, Lc, MA | 2 August 2013, 08:03 | 3.361 views
Suntik: Apakah Membatalkan Puasa?
Muhammad Saiyid Mahadhir, Lc, MA | 12 July 2013, 14:25 | 4.198 views
Bahasa Arab dan Pemahaman Syariah
Muhammad Saiyid Mahadhir, Lc, MA | 20 June 2013, 00:18 | 3.716 views
Nasihat Cinta Dari Seorang Guru
Muhammad Saiyid Mahadhir, Lc, MA | 7 June 2013, 06:54 | 4.285 views
Percobaan Akad Nikah
Muhammad Saiyid Mahadhir, Lc, MA | 4 May 2013, 11:15 | 4.385 views
Main Hape Saat Khutbah Jumat
Muhammad Saiyid Mahadhir, Lc, MA | 23 April 2013, 06:55 | 5.351 views
Imam Ahmad bin Hanbal Punya Kontrakan
Muhammad Saiyid Mahadhir, Lc, MA | 12 April 2013, 17:24 | 3.767 views
Habis Aqad Nikah Langsung Talak
Muhammad Saiyid Mahadhir, Lc, MA | 29 March 2013, 08:42 | 4.013 views
Sholatnya Orang Mabuk
Muhammad Saiyid Mahadhir, Lc, MA | 20 February 2013, 15:59 | 4.437 views
Tanda Orang Faham (Faqih) itu Pendek Khutbahnya
Muhammad Saiyid Mahadhir, Lc, MA | 15 February 2013, 10:42 | 4.949 views
Sholat Sunnah Qobliyah dan Ba’diyah, Seberapa Penting?
Muhammad Saiyid Mahadhir, Lc, MA | 8 February 2013, 10:17 | 34.905 views
Edisi Tafsir: Pornografi dan Pornoaksi dalam Penjelasan al-Quran
Muhammad Saiyid Mahadhir, Lc, MA | 10 January 2013, 18:28 | 4.354 views